--> Pengertian Perusahaan, dan Lingkungan||Atatur Ady Wibowo | Blog ILPeEkom

Tuesday, September 29, 2015

Pengertian Perusahaan, dan Lingkungan||Atatur Ady Wibowo

| Tuesday, September 29, 2015

A.                Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang dijalankan untuk organisasi produksi, yang bertujuan untuk menggunakan sumber-sumber ekonomi, dan bertujuan untuk mendapatkan barang ataupun jasa, untuk memuaskan kebutuhan dengan cara menguntungkan.


Tujuan Perusahaan adalah memperoleh keuntungan (laba). Keuntungan (laba) adalah selisih antara uang yang diterima dari pelanggan dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang atau jasa.

1). Jenis-Jenis Perusahaan

Jenis perusahaan menurut kegiatannya ada tiga yaitu :
1. Perusahaan Jasa
Perusahaan yang menyediaakan pelayanan jasa kepada pelanggan. Contohnya perhotelan, jasa keuangan, jasa transportasi dan jasa pengiriman barang.
2.      Perusahaan Dagang Perusahaan yang menjual barang yang diperoleh dari pihak lain kepada pelanggan. Contohnya Toko Pakaian, Supermarket, Agen, Grosir. Toko Elektronik dan Distributor.
3.      Perusahaan Manufaktur (Industri)Perusahaan yang memproduksi sendiri barang yang dijual kepada pelanggan. Contohnya Produksi Sepatu, Konveksi, Produksi Kain dan Produksi makanan dan minuman.

2). Jenis – jenis Perusahaan menurut kepemilikannya
1.      Perusahaan Perseorangan.Perusahaan yang modalnya berasal dari satu orang. Diterapkan oleh usaha skala kecil.
2.      Perusahaan Persekutuan.Perusahaan yang modalnya berasal dari beberapa orang seperti  CV dan Firma.
3.      Perusahaan Perseroan.Perusahaan yang modalnya berbentuk saham, dimana pemilik dan pengelola perusahaan adalah orang yang berbeda. Diterapkan oleh usaha skala besar.
4.      Koperasi Usaha yang dimiliki oleh sekelompok orang yang diakui sebagai anggota. Koperasi dijalankan oleh anggota dan dimanfaatkan untuk anggota.


B.                 Dari Pengertian Tersebut kita bisa ambil 4 aspek diantaranya :

a)      Organisasi Produksi

Perusahaan dalam organisasi produksi memiliki artinya dalam perusahaan memiliki suatu kegiatan menciptakan dan mendapatkan suatu barang dengan menggunakan produksi-produksi yang sudah ada. Diataranya : kegunaan bentuk, kegunaan tempat, kegunaan waktu, dan kegunaan kepemilikan.

b)     Sumber-sumber ekonomi atau faktor produksi

Faktor-faktor produksi biasanya di singkan 5M diantaranya :
1.      Man (Manusia)
Manusia berperan sebagai tenaga kerja di perusahan dan bisa juga sebagai konsumen produksi dalam perusahaan. Dalam hal ini perusahaan juga mementingkan sumber daya manusia (SDM) guna untuk memperlancarkan bisnis tersebut.
2.      Money (uang/modal)
uang atau modal usaha artinya uang atau barang yang digunakan untuk proses produksi, seperti peralatan industri, alat kendaraan dll. Dalam ini juga perusaahan harus mementingkan pengolahan keuangan perusahaan dengan baik.
3.      Materials (Material)
Adalah faktor pendukung utama dalam menghasilkan produksi-produksi lainnya. Seperti bahan baku, dan bahan – bahan lainnya sebagai faktor penunjang produksi.
4.      Methode
Adalah ide-ide yang ditunjukan untuk mengkoordinir faktor-faktor lainnya dengan baik.
5.      Market (Pasar)
Pasar adalah tempat dimana produksi baik barang dan jasa dijual.

c)      Kebutuhuan

Kebutuhan adalah sesuatu yang harus kita dipenuhi dan di puaskan

d)     Keuntungan

Keuntungan diperolah dari pendapatan yang kita dapat dikurangi biaya yang dikeluarkan

C.    Cara Memasuki Bisnis Melalui Perusahaan

1.       Membeli Perusahaan Yang Sudah Ada
Pembelian perusahaan yang sudah ada keuntungan kita bisa menghemat waktu, tetapi memiliki kekurangan dalam hal biaya yang sangat mahal, karena kita membeli perusahaan yang sudah jadi, dan juga ada tenaga kerjanya dan juga ada peralatan perusahaan itu.
2.       Memulai Dengan Perusahaan Yang Baru
Melalui bisnis ini kita merintis dari awal, dan juga kita mulai dari perencanaan sampai didirikan bisnis ini. Kekurangan dari cara ini memerlukan banyak waktu agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.
3.       Membeli Hak Lisensi (Franschising).
Pembelian lisensi ini dilakukan oleh orang pertama lalu orang kedua apabila orang pertama dan ke dua ini bermasalah, maka orang ketiga berhak membeli hak lisensi ini.

D.    Tipe-Tipe Franchising

1.      Trade Mark Franchising
2.      Product Distribution Franchising
3.      Pure Franchising/Bussines Format

E.     Lingkungan Perusahaan

1.      Internal (langsung)            : Pemegang Saham, Direksi, dan Karyawan.
2.      Eksternal (langsung)         : Suplier, Pesaing dan Serikat Kerja
3.      Tidak Langsung                : Ekonomi, Politik, Hukum.

Mengolah Lingkungan

1.      Secara Langsung antara lain :
a)      Peran Ganda
b)      Peran Khusus Manajemen
2.      Secara Tidak Langsung antara lain :

a)      Peramal Statistik

Related Posts

No comments:

Post a Comment